Catatan Warna Warni Tahun 2013

Tahun lalu, tahun 2013, beberapa catatan menarik telah berjalan dengan nyaris menyenangkan sekaligus sibuk. Tetapi tentu saja, mungkin hanya dewa yang dapat melalui satu tahun tanpa goresan negatif dan kegagalan (read: kebelum-berhasilan).

KELUARGA: Ibu, Saya Masih Berharap
Januari 2013, saya dua kali ke Surabaya, di RS dr. Soetomo Karangmenjangan. Hampir sebulan penuh Ibu menghabiskan waktunya disana. Sebelumnya beliau  seperti paranoid terhadap obat-obatan medis sehingga lebih memilih pengobatan alternatif. Dapat dimaklumi memang, sebab nenek tiri saya (ibu tiri beliau) mengalami kegagalan kemoterapi yang berujung pada meninggal dunia. Kemo memang manjur, tetapi tidak jarang justru menimbulkan efek samping pada organ tubuh yang lain.
            Sepanjang tahun, beliau sudah menjalani 7 kali kemoterapi, secara fisik sudah tampak kemajuan yang sangat signifikan. Hingga akhir Desember, semua berjalan baik. Ada kabar baik dimana rompi anti-kanker temuan mengejutkan Prof. Warsito telah mengembalikan harapan sembuh sekitar 3000 pasien. Masih wacana bagi Ibu saya, tindak lanjut mengenai penggunaan alat ini akan terjawab pada 2014. Ibu, saya berharap pada 2014 semua semakin membaik, saya bangga memiliki ibu yang tegar menjalani kerasnya cobaan hidup.
            Di akhir 2013, Koko ternyata juga mendapat cobaan. Tangannya patah, –ada dua patahan sekaligus pada lengan kanannya-, setelah tidak sengaja bermain dengan temannya saat mengaji di masjid Tegalarum. Gip sudah dilepas, tetapi tangan kanannya tidak dapat lurus seperti sebelumnya.

SEMESTER EMPAT DAN LIMA: Akankah Ini Menjadi Klimaks?
Ibarat film, semester empat akankah menjadi klimaks? Bisa jadi. Mari kita ingat satu persatu.
  • Tugas besar Hidrologi
Ingat Hidro pasti ingat tugas besar tulis tangan tebal. Menjelang deadline yang ditetapkan Mas Gerda, ada bantuan berharga dari Ghofur, Marwa, Yudha, Lazu dan Umam. Fine, semua beres.
  • Tugas Geometri Jalan Raya
Tugas ini merancang geometri jalan raya, dari alinyemen vertikal dan horizontal. Saya ingat kesalahan fatal ternyata saya lakukan saat perhitungan stationing dan baru diketahui menjelang deadline, sehingga hampir mustahil dapat melakukan perbaikan dengan waktu hanya sehari sebelum tugas harus dijilid. Kebaikan hati dari Mas Novan Misbahul akhirnya membuat tugas ini di ACC Jilid.
  • Tugas Besar Analisis Struktur 3
Hampir sepanjang semester saya gagal memahami materi yang disampaikan Pak Dwi Nurtanto. Saat UTS, saya hanya menulis lembar soal ditambah gaya reaksi (RA dan RB). Tetapi, ternyata benar, tugas besar memberikan banyak bantuan bagi mahasiswa dalam memahami materi. Tetap saja, seperti Tugas Geometri Jalan Raya, ada kesalahan dalam perhitungan dan baru diketahui menjelang deadline, asdos Mas Adi Putra memberi toleransi. Di akhir semester, SIAM menunjukkan nilai C pada Anstruk 3. Nilai pantas yang maksimal menurut saya sehingga saya tidak melakukan apa-apa saat ada beberapa teman mencoba peuntungan dengan protes nilai.
  • Tugas Rekayasa Lalu Lintas
Tugas ini menyita hampir seperempat alokasi waktu tugas kuliah. Separuh semester pertama dimampatkan untuk materi, sedangkan separuh semester kedua untuk praktikum. Tim praktikum bersama Erwin Hasiholan, Dianayu, Riska dan Mas Mifta. Praktikum dilakukan dengan mencatat arus lalu lintas harian di jalan (simpang pertigaan Roxy Square Jember dan ruas di KFC Jember – Pertigaan Gebang). Tetapi nilai A merupakan nilai yang menjawab keringat kami.


  • Praktikum Hidrologi
Merupakan praktikum yang sampai saat ini masih belum saya pahami, sebab hasil laporan diperoleh dari excel yang sudah terdapat banyak link. Bagus Wahyu melakukan hampir setengah pekerjaan laporan praktikum ini.

Note:
Semester 4 berjalan diluar dugaan, beberapa nilaisaya dapatkan di atas nilai pesimis yang saya prediksi.

Mata Kuliah
Nilai Prediksi
Nilai Akhir 
Aljabar Linier
C
B
Rekayasa Lalu Lintas
B
A
Mekanika Tanah A
B
A

Semester 5, terasa lebih ringan daripada sebelumnya. Hanya ada Tugas Struktur Beton, Tugas Besar Irigasi dan Bangunan Air 1 dan Praktikum Mekanika Tanah. Tetapi tetap saja menarik untuk dicatat.
  • Tugas Besar Irigasi dan Bangunan Air 1
Masih terkait dengan hidrologi, kali ini tugasnya untuk merencanakan penyuplaian air untuk kebutuhan pertanian dan pola tata tanam pertanian. Di asdosi oleh Mas Yudhit Pratama, saya tidak mendapat sesuatu yang disulitkan. Tugas ini selesai dengan lancar.
  • Tugas Struktur Beton
Tugas ini merupakan aplikasi dari mata kuliah Struktur Beton 1 dan Struktur Beton 2. Bayangkan anda merancang struktur beton bangunan lantai 3. Saya memperoleh bangunan hotel di wilayah Surabaya (wilayah gempa 2). Untuk tugas ini saya bersyukur dibimbing oleh Pak Dwi Nurtanto. Meskipun cenderung sulit ditemui, tetapi overall pengerjaan tugasnya masih dalam taraf wajar.

Saya bersyukur memiliki teman-teman yang banyak membantu dalam mengerjakan tugas. Ya, teknik sipil mungkin tidak cocok untuk individualis. Kita dibentuk untuk terus bekerjasama dengan baik dalam tim.

HMS: Ibarat Berada dalam Kapal Bajak Laut, Menuju
Kepengurusan tahun lalu, Mas Onik terasa seperti sosok Indra Syafri yang blusukan ke pelosok Indonesia untuk membentuk skuad U-19, hebatnya, journey-nya dilakukan Mas Onik dalam kapal bajak laut tanpa keping peso dengan awak kapal yang pas-pasan secara kuantitas.
Tahun ini, Mas Gerda terpilih menjadi Ketua Himpunan. Kapal yang ditumpangi telah diisi dengan beberapa kepingan peso. Strategi cerdik disiapkan dengan membawa 32 awak kapal. Memang beresiko timbul kesenjangan yang tinggi atau bahkan muncul kembali kesulitan koordinasi. Tetapi sedikit banyak pengalaman kekurangan awak kapal pada tahun lalu mempengaruhi pengambilan keputusan untuk tahun ini.

Tabel 1. Ringkasan Kegiatan yang Diselenggarakan oleh HMS Periode 2013-2014
Maret 2013
Pelatihan CAD
Maret 2013
Ramah Tamah Wisudawan Maret 2013
6-8 Juni 2013
TW REG Jatim FKMTSI
Juni 2013
Civil Coffee Break
Juli 2013
Ramah Tamah Wisuda Juli 2013
Oktober 2013
Civil Goes To School (CGTS)
Masih di Oktober 2013
POS: Futsal Antar Angkatan, PES Cup, Futsal Tingkat Universitas se-Kabupaten Jember, dan Jalan Sehat Teknik Sipil
November 2013
Ramah Tamah Wisudawan Teknik Sipil Universitas Jember
21 Desember 2014
Bakti Sosial 2014 - Panti
(sumber: dokumentasi pribadi, 2013)

Tetapi sisa masa bakti pada 2014 masih menyisakan PR yang perlu diurusi. Ada Lomba Maket 2014 Tingkat SMA se-Jawa Timur, Musyawarah Besar Teknik Sipil, dan Malam Inaugurasi Maba 2013.
Tahun 2013, masih berjalan C menurut pandangan saya, tetapi 2014 dengan tiga kegiatan sisa harus B.

ANGKATAN 2011: PASANG-SURUT TENTANG KEKOMPAKAN
Februari 2013, melalui forum ringan di KIS, saya menemukan patner baru bernama Arif Fajri Hidayatullah, orang yang akhirnya membuka mata saya tentang jangan membuat kesimpulan dari cover seseorang. Dia, saya dan Abdul Aziz akhirnya sepakat untuk mengikuti Lomba Beton di ITS (ulasan lebih lanjut mengenai lomba beton ada di bawah).
Mendapat angkatan terkompak pada Jalan Sehat Teknik Sipil 2013, tetapi sebelumnya saat Futsal Antar Angkatan tidak ada yang menonton tim angkatan bertanding. Dengan terpaksa, saya memosting kata kotor di grup facebook Angkatan 2011. Tetapi memang tak dapat dihindari, angkatan 2011 beragam, ada yang introvert, ada yang ekstrovert, ada yang orang organisator, ada yang akademisi. Semua memiliki kesibukan, saya yakin, tetapi kebutuhan akan kumpul angkatan selain saat kuliah tidak bisa dipungkiri karena yang individualis akhirnya akan tenggelam tanpa jaringan.


CIVIL EXPO, PKM-GT DAN BEBERAPA KEBELUM-BERHASILAN: SELALU ADA HIKMAH
  • Lomba Beton Nasional: Civil Expo 2013
April 2013, secara mengejutkan tim kami dari Arif Fajri, saya dan Abdul Aziz mewakili Universitas Jember untuk maju pada Civil Expo ITS 2013, yang merupakan satu-satunya wakil dari Universitas Jember. Sebab, pada cabang lain seperti Jembatan dan Maket Bendung Gerak tidak lolos tahapan proposal. Sebenarnya tim kami hanya memperoleh ranking 9, tetapi panitia menetapkan hanya masing-masing Perguruan Tinggi maksimal diwakili oleh dua tim pada tahap Final di Surabaya. Sehingga ITS merelakan beberapa timnya untuk kami geser, kami berada pada peringkat 6 dan berhak lolos ke 6 besar.
Big thank’s, kami ucapkan untuk keluarga Niki Masfine. Segala kebutuhan kami, mulai transportasi dan akomodasi dibantu oleh Niki. Hasilnya tim kami memperoleh Juara Harapan II. Juara I dan II disabet oleh tim tuan rumah



Komentar

Postingan Populer